Cara-Cara Pengobatan Sakit Jantung

Seseorang yang didiagnosa menderita penyakit jantung harus segera memperbaiki pola hidupnya. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga teratur, berhenti merokok, serta mengonsumsi obat sesuai resep. Penyakit jantung memang tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, kita bisa mencegahnya agar tidak memburuk. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit jantung.

  1. Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup seseorang sangatlah berpengaruh untuk kesehatan. Maka dari itu, penderita sakit jantung juga harus menerapkan pola hidup sehat. Sebenarnya, mengubah kebiasaan hidup bukanlah hal sulit. Yang penting, kita sudah memiliki tekad dan tetap konsisten. Hidup sehat bisa dimulai dari mengonsumsi makanan sehat, berhenti merokok, berolahraga teratur, serta menghindari minuman keras.

Cara-Cara Pengobatan Sakit Jantung

  1. Mencari artikel tentang jantung

Penyakit jantung memang harus ditangani secara medis. Tapi, hal ini tidak berarti kita hanya mengandalkan dokter saja. Sebagai pasien, kita juga harus rajin mencari artikel tentang jantung. Mengumpulkan informasi kesehatan jantung bisa membuat kita lebih paham akan kondisi kita.

  1. Pemberian obat-obatan

Selain menerapkan pola hidup sehat, dokter biasanya juga membuatkan resep khusus. Berikut ini ialah beberapa jenis obat untuk penderita sakit jantung.

– Statin

Obat ini bisa menurunkan kadar kolesterol sehingga perkembangan penyakit jantung menjadi terhambat.

– Antiplatelet

Antiplatelet bisa mengencerkan darah sehingga penggumpalan darah dapat dihindari.

– Anti-hipertensi dan obat diabetes

Penderita sakit jantung yang memiliki hipertensi dan diabetes harus selalu memperhatikan kesehatannya. Untuk itu, mereka harus mengonsumsi obat untuk mengontrol tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Beberapa contoh obat ini ialah obat penghambat beta dan obat penghambat kanal kalsium.

  1. Operasi

Ketika obat sudah tidak efektif, pasien akan dianjurkan untuk operasi. Beberapa contoh operasi tersebut ialah:

– angioplasti koroner

Operasi ini bertujuan memperlebar arteri jantung yang tadinya menyempit.

– bedah bypass arteri jantung

Bedah bypass dilakukan dengan menanam pembuluh darah pada anggota tubuh lain. Hal ini bertujuan membuka aliran darah yang baru untuk menuju ke jantung.

– transplantasi jantung

Ketika kondisi jantung sudah sangat parah, perlu dilakukan transplantasi jantung. Operasi ini akan mengganti jantung yang rusak dengan jantung dari donor.